5 Alat Desain Gratis Terbaik Untuk Membuat Grafik Media Sosial Pada Tahun 2021

5 Alat Desain Gratis Terbaik Untuk Membuat Grafik Media Sosial Pada Tahun 2021

Apa yang membuat aplikasi gambar media sosial hebat?
Anda ingin membuat gambar yang akan menarik perhatian pengikut Anda—sesuatu yang akan membuat mereka mengeklik dan membagikannya dan terus menonton hal hebat berikutnya yang Anda posting. Anda juga tidak ingin menghabiskan banyak waktu atau uang untuk membuat gambar-gambar ini (karena, jujur saja postingan media sosial memiliki siklus hidup yang sangat singkat).

Rahasia untuk membuat jenis gambar ini adalah memiliki banyak templat dan sumber daya desain yang hebat (gambar, ikon, bentuk, gaya teks) semuanya tersedia, jadi yang harus Anda lakukan hanyalah mencampur, mencocokkan, dan mengirim pesan.

Kabar baiknya adalah Anda tidak perlu membayar harga premium untuk mendapatkan hasil premium. Saya menguji lebih dari 15 aplikasi untuk memberi Anda daftar singkat dan manis dari aplikasi gratis terbaik untuk membuat gambar media sosial Anda sendiri yang dinamis dan profesional.

Saat menguji dan mengevaluasi aplikasi, saya memiliki beberapa kriteria utama yang harus dipenuhi oleh setiap aplikasi untuk disertakan:

  1. Apakah aplikasi ini cukup mudah untuk desainer amatir? Dalam kebanyakan kasus, perancang perusahaan Anda (jika Anda cukup beruntung memilikinya) bukanlah siapa yang akan mengelola media sosial Anda. Jadi, saya ingin memastikan aplikasi ini dapat digunakan secara efektif oleh orang-orang (seperti saya) dengan pengetahuan minimal tentang alat desain dan desain.
  2. Apakah aplikasi ini cocok untuk pemasaran media sosial? Beberapa aplikasi memang mengagumkan, tetapi memiliki terlalu banyak fitur ketika semua yang ingin Anda lakukan hanyalah mengumpulkan gambar yang bagus untuk digunakan dengan promosi sosial. Aplikasi ini ditujukan untuk kesederhanaan, jadi Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk mendesain setiap grafik.
  3. Apakah pengalaman aplikasi lancar? Saat mencoba mendesain sesuatu di aplikasi web, faktor utamanya adalah seberapa lancar dan cepat pengalaman web tersebut. Beberapa aplikasi mungkin telah lulus, kecuali bahwa pengalaman web secara konsisten membuat frustrasi (layar membeku, lambat memuat desain, tidak menyimpan atau menerima perubahan, dll).
  4. Apakah aset desain profesional? Ada banyak alat yang menawarkan template—hanya saja bukan jenis template dan aset yang akan membantu Anda mewakili merek Anda dengan baik. Daftar ini menampilkan aplikasi yang ideal untuk perusahaan dan individu yang ingin mewakili merek mereka dengan gambar media sosial kelas profesional. (Sejujurnya, kriteria ini menyingkirkan sebagian besar aplikasi.)
  5. Apakah aplikasi ini multiguna? Sementara gambar untuk pemasaran media sosial mungkin menjadi alasan utama Anda untuk mencari alat desain grafis, pada akhirnya Anda akan lebih produktif jika Anda hanya perlu mempelajari dan menggunakan satu alat untuk beberapa tujuan desain pemasaran, seperti membuat spanduk email, kartu pos, selebaran, gambar blog—apa saja. Aplikasi yang berhasil masuk ke kumpulan ini memiliki templat dan alat untuk mendesain lebih dari sekadar gambar media sosial.

Dengan mengatakan itu ke aplikasi.

Alat desain media sosial gratis terbaik untuk desain berbasis template
Canva (Web, iOS, Android, macOS, Windows)

Canva adalah aplikasi desain grafis berbasis template yang kuat, namun tetap mudah digunakan. Ada ratusan ribu templat, grafik, dan foto yang dapat Anda gunakan sebagai bagian dari paket gratis (yang mencapai jutaan aset dengan langganan Canva Pro).

Saat Anda membuka Canva, Anda akan disajikan dengan lusinan kemungkinan templat untuk semuanya, mulai dari poster hingga Postingan Instagram. Banyak yang bisa dinavigasi, tapi ada pencarian hebat di dalamnya. Cukup klik bilah pencarian di kanan atas layar dan cari sesuatu seperti “kisah instagram ulang tahun” untuk melihat opsi yang lebih spesifik. (Saya mendapat 160 template yang disarankan hanya untuk itu.)

Setelah Anda menemukan template untuk bekerja, editor drag-and-drop memudahkan untuk menambahkan sumber daya Anda sendiri. Cukup klik Unggah lalu Unggah Media di bilah sisi kiri, tambahkan gambar atau elemen merek apa pun, dan Anda dapat langsung memasukkannya ke dalam editor. Satu tip: klik kanan pada elemen apa pun dan klik Send Back atau Send Forward jika Anda ingin memindahkannya ke belakang hal-hal seperti teks (yang dapat Anda klik dua kali untuk mengedit) atau bingkai gambar.

Seperti Google Documents, Canva memungkinkan Anda untuk berbagi dan berkolaborasi dengan orang lain, jadi jika Anda ingin melihat desain Anda, klik tombol Bagikan di bilah alat, lalu tambahkan alamat email.

Setelah selesai, klik Unduh untuk menyimpan posting Anda, yah, posting. Jika Anda secara tidak sengaja memasukkan aset premium apa pun, Anda akan memiliki opsi untuk membayar untuk menghapus tanda airnya (biasanya sekitar $1 per aset). Ini adalah opsi yang berguna jika Anda hanya sesekali menggunakan Canva. Jika ini sering terjadi, Anda dapat berlangganan Canva Pro seharga $12,95/bulan (atau setidaknya periksa uji coba gratis 30 hari). Pro memiliki banyak desain tambahan, dan beberapa fitur bagus, seperti pengubahan ukuran otomatis, penjadwal media sosial, dan kemampuan untuk mengunggah “kit merek” Anda, sehingga Anda dapat dengan mudah menambahkan logo, warna merek, dan font ke desain Anda.

Harga Canva: Gratis untuk 250.000+ template dan penyimpanan 5GB; mulai dari $12,95/bulan untuk Canva Pro, yang menawarkan penyimpanan tak terbatas, jutaan aset, dan banyak lagi.

Alat desain media sosial gratis terbaik untuk meningkatkan pekerjaan sampingan
Adobe Spark (Web, iOS, Android)

Adobe adalah nama terbesar dalam desain grafis, jadi tidak mengherankan jika mereka memiliki